Senin, 25 Agustus 2014

Ada 9 Cara Menghindari Sifat Hasad :

1. Belajar dan memahami aqidah Islam yang benar, baik tentang keimanan ataupun syari’at serta mengamalkannya. Kebenaran aqidah merupakan sumber segala perbaikan dan kebaikan. Hal ini dilakukan dengan terus senantiasa menggali isi kandungan Al Qur’an dan Hadits.
2. Memahami dengan benar konsep taqdir menurut syari’at Islam, sehingga faham kalau segala kenikmatan dan rizqi serta yang lainnya tidak lepas dari ketentuan takdir Allah. Dengan memahami ini diharapkan tidak timbul dalam diri kita rasa iri dan dengki terhadap orang lain, karena tahu itu semua tidak lepas dari ketetapan takdir Allah.
3. Meyakini dengan benar dan kokoh bahwa semua kenikmatan tersebut berasal dari Allah dan diberikan kepada setiap orang sesuai dengan hikmah yang diinginkan-Nya. Sebab tidak semua kenikmatan yang Allah berikan kepada orang lain itu baik untuknya.
4. Membersihkan hati dengan berusaha mengamalkan seluruh syari’at Islam.
5. Memandang dunia dengan segala perhiasannya sebagai sesuatu yang akan punah dengan cepat dan sesuatu yang tidak seberapa dibanding akhirat. Demikian juga memandang tujuan akhir kehidupannya adalah akhirat yang kekal abadi.
6. Selalu mengingat bahaya hasad bagi kehidupan dunia dan akheratnya.
7. Selalu menanamkan dalam hatinya kewajiban mencintai saudaranya, sehingga tidak merasa panas melihat saudaranya lebih baik darinya dalam permasalahan dunia.
8. Berusaha memenuhi hak-hak saudaranya sesama muslim dan mencari teman baik, yang mengingatkan dan menasehatinya.
9.Selalu mengingat kematian dan pembalasan Allah atas kedzoliman dan

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!